Review iPhone 15 Pro Max: Kelebihan & Kekurangan

Review Singkat Apple iPhone 15 Pro Max

Mungkinkah Anda mencari ponsel yang tidak hanya unggul dalam inovasi tetapi juga menjadi ikon kemewahan?

iPhone 15 Pro Max dari Apple barangkali bisa menjadi jawaban yang tepat bagi Anda.

Ponsel ini tidak hanya memikat dari segi harga yang menandai kelasnya, tetapi juga fitur-fitur canggih yang membuatnya layak mendapat perhatian serius.

Dengan desain yang mempesona dan kinerja yang dibanggakan, iPhone 15 Pro Max layak dipertimbangkan untuk menjadi pilihan utama Anda tahun ini.

Tak mengherankan jika banyak yang tergoda untuk menjadikan ponsel ini tambahan koleksi mereka, termasuk penggemar teknologi yang ingin selalu terdepan.

Dalam review singkat ini, kami akan menjelaskan mengapa Apple iPhone 15 Pro Max menjadi salah satu smartphone yang layak dipertimbangkan untuk dibeli tahun ini.

Desain iPhone 15 Pro Max

Kelebihan:

  • Warna biru titanium yang elegan.
  • Mengantongi sertifikasi IP68 yang menjamin tahan air dan debu.
  • Finishing yang hampir sempurna dengan kesan minimalis.
  • Warna titanium terbukti tahan lama (untuk saat ini).

Kekurangan:

  • Masih terasa besar walaupun beratnya telah berkurang 19 gram.
  • Ada keraguan tentang ketahanan lapisan cat pada kerangka titanium.
Desain iPhone 15 Pro Max

Kehadiran bahan titanium pada iPhone 15 Pro Max menambah kesan eksklusif dan menarik perhatian banyak penggemar gawai.

Material ini tidak hanya melahirkan nuansa estetika baru tetapi juga berkontribusi pada penurunan berat.

Bahkan, Anda mungkin dapat merasakan perbedaan berat antara generasi sebelumnya dan yang terbaru saat memegangnya.

Meskipun terasa lebih ringan di tangan, dengan berat 221 gram dan dimensi 159.9 x 76.7 x 8.3 mm, smartphone ini masih tergolong besar.

Desain yang terkesan diukir dari satu blok titanium memberikan kesan padat dan premium.

Navigasi dengan satu tangan mungkin terasa sedikit merepotkan karena ukurannya yang besar.

Pada penggunaan sehari-hari, kamera dan kaca belakang hampir tidak berubah dari pendahulunya – masih mempertahankan desain elegan dan sederhana.

Untuk layar datar OLED 6.7″ dengan Dynamic Island, sulit untuk melihat perbedaan dari model sebelumnya.

Mungkin Anda meragukan ketahanan cat frame titanium. Namun, setelah beberapa minggu penggunaan, baik dengan atau tanpa case pelindung, tidak ada tanda-tanda perubahan warna atau keausan.

Tombol Aksi yang baru terasa lebih berguna jika dibandingkan dengan ekspektasi awal.

Meski posisinya di bagian atas tepi kiri mungkin terasa tidak ergonomis, mudah-mudahan akan membantu Anda dalam berbagai situasi.

Material-material baru seperti keramik shield untuk perlindungan layar lebih baik dan bingkai titanium bukan hanya tambahan estetika, tetapi juga bertambah fungsional dengan memberikan perlindungan lebih pada smartphone Anda.

Layar iPhone 15 Pro Max

iPhone 15 Pro Max dilengkapi dengan layar OLED 6,7 inci yang menawarkan resolusi 2796 x 1290 piksel beserta refresh rate 120Hz.

Tingkat kecerahan layar mampu mencapai puncak pada 2000 nits. Fitur Dynamic Island, yang unik, terletak di bagian atas layar dan selalu aktif.

Kelebihan:

  • Warna Alamiah: Memberikan tampilan yang nyaman untuk mata.
  • Refresh 120Hz: Menyediakan transisi gambar yang sangat lancar.
  • Kecerahan yang Memadai: Memungkinkan layar terbaca dalam berbagai kondisi cahaya.
  • Tepi Lurus: Memberi kesan premium dan mudah digenggam.

Kekurangan:

  • Tidak ada pilihan untuk mengatur refresh rate secara manual.
  • Dynamic Island mungkin akan mengganggu saat bermain game dan tidak bisa disembunyikan.
Layar iPhone 15 Pro Max

Kecerahan maksimum yang tinggi benar-benar bermanfaat, terutama dalam kondisi sangat terang, meskipun biasanya layar akan beroperasi di sekitar 1000 nits, yang sudah lebih dari cukup untuk berbagai penggunaan.

Untuk keperluan gaming, pengalaman visual dari layar ini sangat mengesankan, baik untuk permainan mobile, cloud gaming, ataupun gaming dengan framerate tinggi seperti 120 FPS.

Namun, Dynamic Island dapat menonjol dan membatasi area layar, yang dapat mengurangi pengalaman imersif dalam permainan.

Dynamic Island kini tidak lagi eksklusif untuk model Pro, memberikan dimensi interaktif baru untuk notifikasi dan kegiatan lain.

Meskipun begitu, jika Anda tidak menyukai konsep ini, terutama saat bermain game, Anda mungkin akan menganggapnya sebagai gangguan.

Fungsi Always On Display masih hadir, dengan berbagai opsi kustomisasi.

Walaupun terkadang terasa terlalu ramai atau terang, ini dapat diatasi dengan mengatur tidak menampilkan wallpaper, yang menjadikannya lebih terfokus dan sederhana.

Bagi Anda yang menggemari kualitas tampilan dan warna yang akurat, layar iPhone 15 Pro Max dengan panel OLED juga mendukung Dolby Vision dan HDR10, memastikan kualitas visual yang luar biasa untuk berbagai konten.

Faktanya, seri ini dikenal dengan istilah Super Retina XDR Display, dan terbaru, menggunakan teknologi LTPO untuk Super Retina XDR OLED, menyesuaikan refresh rate secara dinamis untuk efisiensi energi tanpa mengurangi kualitas pengalaman visual Anda.

BACA JUGA:

Antarmuka/Sistem Operasi iPhone 15 Pro Max

Kelebihan:

  • iOS 17 memberikan kepastian tentang dukungan pembaruan jangka panjang.
  • Perlindungan data pribadi yang lebih baik dengan adanya fitur-fitur privasi.
  • Tombol Aksi yang multifungsi memudahkan pengoperasian iPhone 15 Pro Max.

Kekurangan:

  • Tombol Aksi kurang bisa disesuaikan.
  • Gerakan kembali (swipe to go back) masih membingungkan.
  • Memindahkan foto ke PC Windows membutuhkan instalasi iTunes terlebih dahulu.
Antarmuka iPhone 15 Pro Max

iOS 17 menghadirkan berbagai fitur baru yang menarik, khususnya pada iPhone 15 Pro Max, yang menjadikan pengalaman pengguna lebih intuitif dan terkontrol.

Tombol Aksi yang terletak di sisi kiri atas ponsel dapat dikonfigurasi untuk berbagai fungsi seperti menyalakan senter, masuk ke mode bisu, fokus mode, membuka kamera, dan sebagai tombol rana untuk mengambil foto atau video dengan tekanan singkat atau panjang.

Ada kemudahan dalam mengatur privasi, seperti membatasi akses hanya ke foto tertentu saat membagikannya melalui aplikasi dan fitur pemblokir pelacak pada saat instalasi aplikasi.

Fitur ini memberikan rasa kontrol yang lebih kepada pengguna.

Fitur keamanan dan privasi di iOS 17 tampak lebih superior dalam memberikan perlindungan data pengguna.

Sebagai contoh, iPhone 15 Pro Max memungkinkan Anda untuk membatasi akses hanya ke foto tertentu saat berbagi melalui aplikasi, dan menyediakan blocker pelacakan untuk aplikasi yang baru dipasang.

Perubahan signifikan lainnya adalah peralihan ke USB-C pada iPhone 15 Pro Max, yang seharusnya mendukung kecepatan transfer 10 GB/s sesuai standar USB 3.2.

Namun, untuk menggunakan kecepatan maksimal tersebut, diperlukan kabel yang kompatibel. Kabel USB 2.0 yang disertakan dalam paket penjualan mungkin tidak mendukung hal ini.

Kendati demikian, terdapat beberapa aspek yang terasa kurang. Tombol Aksi masih membutuhkan opsi penyesuaian yang lebih agar pengguna dapat lebih leluasa mengatur fungsinya.

Selain itu, gestur untuk kembali ke layar sebelumnya masih cukup rumit untuk beberapa pengguna.

Salah satu pengalaman kurang menyenangkan adalah ketika memindahkan foto ke PC Windows yang membutuhkan proses instalasi iTunes.

Hal ini bisa mengecewakan mengingat harga iPhone 15 Pro Max yang tidak murah dan pembelian kabel USB 3.2 yang terpisah untuk transfer file dengan cepat.

Secara keseluruhan, sistem operasi dan antarmuka iOS 17 di iPhone 15 Pro Max menawarkan banyak kelebihan dengan beberapa kekurangan yang masih perlu diperbaiki.

Kinerja & Chipset iPhone 15 Pro Max

Kelebihan:

  • Performa Tinggi: Chipset A17 Pro dari Apple pada iPhone 15 Pro Max menawarkan performa yang mengesankan. Dengan kemampuan pemrosesan yang kuat, ponsel ini mampu menjalankan hampir semua jenis aplikasi dan permainan dengan sangat lancar.
  • Stabilitas Termal: Selama penggunaan normal, iPhone 15 Pro Max tidak mengalami panas berlebih, menunjukkan keefektifan sistem pendinginannya.
  • Pengalaman Bermain Game: Kemampuan untuk memainkan permainan seperti Resident Evil Village dengan kualitas hampir setara dengan konsol adalah contoh kekuatan GPU yang disempurnakan dengan dukungan ray-tracing.

Kekurangan:

  • RAM Terbatas: Walaupun performanya tinggi, 6 GB RAM mungkin terasa kurang untuk permainan dengan kualitas “level konsol” yang membutuhkan lebih banyak memori.
  • Panasi Berlebih di Pengaturan Grafis Maksimum: Jika grafis Resident Evil Village diatur ke maksimum, ponsel cenderung panas berlebih.
Kinerja & SoC iPhone 15 Pro Max

iPhone 15 Pro Max dibekali SoC A17 Pro baru yang berukuran 3nm. Secara kasar, ini merupakan versi miniaturisasi dari A16 Bionic yang terdapat pada iPhone 14 Pro dan Max.

Ruang yang diperoleh dialokasikan untuk GPU yang mampu melakukan ray-tracing dan Neural Engine (NPU), di antara hal lain.

Berikut adalah tabel yang menunjukkan bagaimana iPhone 15 Pro Max dibandingkan dengan model sebelumnya dan salah satu pesaingnya:

AspekiPhone 14 Pro MaxiPhone 15 Pro MaxSamsung Galaxy S23 Ultra
3D Mark Wild LifeSangat KuatSangat Kuat8,611
3D Mark Wild Life Extreme2,2913,9983,840
3D Mark Wild Life Stress TestTerbaik: 9,599 Terburuk: 8,121Terbaik: 9,991 Terburuk: 8,709Terbaik: 10,332 Terburuk: 5,606
Geekbench 5/6Satu-Core: 1,885 Multi-Core: 5,406Satu-Core: 2,936 Multi-Core: 7,453Satu-Core: 1,332 Multi-Core: 3947

Semua permainan 3D berjalan dengan 60 FPS secara konstan, dan beberapa permainan 2D dapat mencapai 120 FPS. Tidak ada pengurangan kecepatan atau masalah panas pada penggunaan standar.

Katalog Apple Arcade saat ini masih terasa mengecewakan bagi yang ingin memanfaatkan penuh kekuatan iPhone 15 Pro Max.

Kestabilan kinerja iPhone 15 Pro Max lebih unggul dibandingkan dengan banyak ponsel andalan Android.

Kualitas Foto & Video iPhone 15 Pro Max

Kelebihan:

  • Keberagaman pada Modul Fotografi: Trio kamera belakang meliputi lensa utama 48 MP, lensa ultra-lebar, dan telefoto periskopik yang mendukung pembesaran optik hingga 5 kali.
  • Kualitas Zoom Telefoto: Mampu menghasilkan gambar yang detail dan tajam bahkan saat menggunakan pembesaran optik 5 kali.
  • Mode Potret yang Canggih: Memungkinkan pengeditan lanjutan untuk hasil foto yang lebih profesional dengan pemisahan subjek dan latar belakang yang presisi.
  • Rekaman Video 4K: Perekaman video 60 FPS di semua lensa, mencakup lensa utama, ultra-lebar, hingga telefoto.

Kekurangan:

  • Efek Silau pada Beberapa Bidikan Malam: Saat mengambil foto dengan sumber cahaya yang kuat, beberapa bidikan malam mungkin menghasilkan refleksi cahaya yang tidak diinginkan.
Kualitas Foto & Video iPhone 15 Pro Max

iPhone 15 Pro Max dilengkapi dengan tiga kamera belakang: lensa utama 48 MP (f/1.78, 24 mm setara), lensa ultra-wide-angle 12 MP (f/2.2, 13 mm setara), dan lensa telefoto periskopik 12 MP (f/2.8, 120 mm setara).

Lensa terakhir ini mampu melakukan zoom optik 5x, sementara model sebelumnya hanya memiliki 3x zoom optik. Kamera selfie juga menawarkan resolusi 12 MP (f/1.9, 23 mm setara).

Modul foto triple pada iPhone 15 Pro Max sangat serbaguna, khususnya dengan lensa telefoto periskopik yang eksklusif untuk model ini.

Model lain, bahkan iPhone 15 Pro, hanya memiliki zoom optik 3x (12 MP 77 mm setara).

Zoom pada iPhone 15 Pro Max terbukti sangat efektif. Tidak ditemukan kehilangan detail yang signifikan bahkan ketika mencapai pembesaran 10x.

Mode potret di perangkat ini sangat mengagumkan, dan dapat dihapus atau ditambahkan dengan mudah dalam proses pengeditan foto. Hasil pemotongan juga sangat rapi.

Hanya saja, ada beberapa efek flare pada beberapa foto malam hari dengan sumber cahaya yang kuat. Terkadang, artefak refleksi cahaya akan membakar bagian gambar.

Namun, hal ini mungkin lebih disebabkan oleh cara memegang iPhone 15 Pro Max atau kesalahan pengguna lainnya.

Dalam pengambilan foto siang hari dengan berbagai mode kamera, hasilnya menunjukkan kualitas yang baik dan detail pada objek yang diambil.

Secara keseluruhan, iPhone 15 Pro Max menawarkan kualitas foto dan video yang baik, dengan keunggulan pada zoom telefoto, mode potret, dan perekaman video 4K.

Meskipun ada beberapa kekurangan pada pengambilan foto malam hari, perangkat ini masih layak dipertimbangkan bagi Anda yang menginginkan kemampuan kamera yang serbaguna dan berkualitas tinggi.

BACA JUGA:

Daya Tahan Baterai & Pengisian Ulang

Kelebihan:

  • Daya Tahan yang Handal: Baterai berdaya tahan cukup lama untuk mendukung aktivitas sehari-hari Anda.
  • MagSafe 15W: Pengisian daya yang lebih efektif dan stabil melalui MagSafe.
  • Pengisian Daya Terbalik: Memudahkan pengisian perangkat lain.
  • Beberapa Opsi Pengisian: Anda memiliki pilihan antara pengisian melalui kabel atau nirkabel.

Kekurangan:

  • Pengisian Kabel Lambat: Waktu yang dibutuhkan untuk pengisian ulang tidak secepat yang Anda harapkan.
  • Tidak Ada Adaptor Pengisi Daya: Anda harus membeli Adaptor pengisi daya secara terpisah.
Baterai & Pengisian Ulang iPhone 15 Pro Max

Tidak ada yang berubah sejak tahun lalu. Daya tahan baterai yang diumumkan oleh Apple sama dengan iPhone 14 Pro Max.

Perubahan ke USB-C merupakan hal yang baik meskipun mulai digunakan baru-baru ini.

Penggunaan daya tahan baterai secara umum cukup memuaskan. Untuk aktivitas nonton video, perangkat dapat digunakan hingga 29 jam, streaming video 25 jam, dan pemutaran audio selama 95 jam.

Dengan penggunaan normal, biasanya perangkat dapat bertahan hingga satu setengah hari.

Jika Anda mulai hari pada pukul 08.00 dengan baterai 100%, perangkat ini dapat Anda gunakan hingga malam hari tanpa perlu diisi ulang.

Keesokan paginya, biasanya baterai masih tersisa sekitar 40%. Ini mungkin tidak cukup untuk melalui hari kedua secara penuh tanpa pengisian ulang, namun tetap angka yang layak.

Fasilitas lain yang dapat Anda manfaatkan adalah kemampuan pengisian daya terbalik, sehingga memungkinkan Anda mengisi perangkat lain tanpa memerlukan kabel Lightning.

Proses pengisian ulang baterai tergolong sangat lambat, terutama jika Anda membandingkannya dengan perangkat-perangkat lain yang sudah memiliki teknologi pengisian cepat.

Anda mungkin merasa kecewa dengan kecepatan pengisian daya melalui kabel yang lambat. Selain itu, tidak ada Adaptor pengisi daya yang disertakan bersamaan dengan pembelian perangkat.


Related Posts